PUDING JAGUNG MANIS


Bahan:

1 bks agar-agar putih

750 cc jagung segar/kaleng

500 cc susu cair

garam dan vanili secukupnya

1 1/2 sdm coklat bubuk

Pelengkap

1 kaleng buah-buahan

sirup merah secukupnya

Cara Membuat:

  • Campur parutan jagung, susu encer, agar-agar, saring, buang ampasnya.
  • Masukkan gula, garam, vanili, masak hingga adonan mendidih.
  • Bagi jadi 2 bagian, yang setengah diberi coklat bubuk.
  • Masukkan adonan ke cetakan, jangan lupa beri efek zebra dgn adonan coklat tadi.
  • Setelah dingin, hidangkan dgn buah dan tuangi sirup di atasnya.

Leave a comment

Filed under PUDING

PARU ASAM PEDAS


Bahan:

1/2 kg paru sapidirebus, tiriskan, potong dadu

3 sdm minyak untuk menumis

garam dan kecap manis secukupnya

Iris tipis:

2 siung bawang putih

8 btr bawang merah

3 buah cabe merah

5 buah cabe rawit

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih sampai harum
  • Masukkan bumbu laennya, tumis sampai layu
  • Masukkan paru, kecap, air dan garam
  • Masak sampai meresap bumbunya, kaldu tinggal sedikit

Dari majalah Sarinah

Leave a comment

Filed under SERBA SAPI

PUDING KEDELAI SAUS COCKTAIL


Dari bonus resep majalah kartini 2191

Bahan:

500 ml susu kedelai

5 gr kacang mete sangrai

1 bks agar-agar merah

100 gr gula pasir

1 kaleng cocktail buah

Cara Membuat:

  • Kacang mete dan susu kedelai dihaluskan smp lembut bener
  • Masak adonan tadi bersama agar-agar dan gula pasir
  • Jika sudah matang, tuang ke mangkuk kecil-kecil, tunggu hingga mengeras
  • Sajikan bersama cocktail buah.
  • Untuk 8 porsi

Leave a comment

Filed under PUDING

BOLA BAKSO AYAM


Bahan:

300 gram daging ayam giling

1 siung bawang putih digoreng, haluskan

1 sdt garam

50 gram  tepung kanji

1 butir telur

1/4 sdt merica halus

1 sdt kecap asin

1 sdt minyak wijen

Cara Membuatnya:

Blender semua bahan kecuali telur dan tepung kanji. Setelah halus pindahkan ke wadah, masukkan telur dan tepung kanji uleni sampai kalis.Bulatkan. Masukkan ke air mendidih sampai terapung.

Leave a comment

Filed under OLAHAN AYAM

BROWNIES


175 gram dark coklat dipotong-potong, tambahkan100 gr margarin. Ditim, sisihkan.

Kocok 3 butir telur bersama 250 gram gula pasir.

Masukkan 1/4 sdt garam, 200 gr trigu,20 gr coklat bubuk dan 1/4 sdt backing powder yg sudah diayak sebelumnya.

Lalu masukkan coklat leleh.

Tuang ke loyang ukuran 11×22. Oven sampai matang.

Beri hiasan gula halus, keju parut , white coklat leleh ato sesuai selera anda.

Leave a comment

Filed under CAKE

POTATO DONUT MINIMALIS


Bahan:

75 gr gula pasir

1 butir telur

350 gr terigu

500 gr kentang kukus, haluskan

1 sdm ragi instant

1 sdm susu bubuk

50 gr margarin lelehkan

Cara ngebikinnya:

Kocok sampai kental dan halus gula pasir dan telur.

Masukkan terigu dan kentang, ragi dan susu.

Tuangi margarin. Uleni sampai kalis, bila kurang kalis, tambahkan air.

Diamkan 15 menit sampai mengembang, lalu bulatkan.

Diamkan 20 menit. Pipihkan adonan,lalu goreng.

Tips:

Menggoreng donat sebaiknya api dengan sedang  agar tidak cepat gosong. Jika donat model lubang tengah, goreng pake sumpit buat mbikin lubangnya. Toping donat bisa macem2 sesuai selera kita. Donat ini juga bisa diisi keju, coklat, ato pisang.

Kalo si ayah pake toping gula halus ajah sekali hap 3 biji…..he3…..

Leave a comment

Filed under DONAT

Mustard buat Selat Solo


Bahan:

1 butir telur

1 sdt tepung maizena

air secukupnya

cuka secukupnya

Bumbu halus:

garam, bawang putih, merica, gula pasir secukupnya

Caranya mbuat:

Telur dikocok sama air smp larut,…trus bumbu halus sama cuka dimasukin.

Masak di atas wajan dgn api kecil, aduk terus, tambahkan maizena yg udah dilarutin pake aer,….kalo udah mateng and mengental, angkat…..

Mustard ini pelengkap buat Selat Solo….


Leave a comment

Filed under SAYUR MANIAC